Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di Tingkatan Tsanawiyyah

Abdul Hanif Azharianur, 190202061 (2024) Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di Tingkatan Tsanawiyyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di Tingkatan Tsanawiyyah] Text (Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di Tingkatan Tsanawiyyah)
Abdul Hanif Azharianur, 190202061, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa madrasah tsanawiyyah siswa susah dalam membaca pembelajaran Bahasa Arab dengan baik. Hal ini disebabkan karena guru menggunakan buku paket Bahasa arab tanpa mengembangkan media pembelajaran seperti modul. Oleh karenanya peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Arab khususnya media modul untuk maharah qiraah. Adapun tujuan dalam penelitian ini:1) untuk mengetahui Langkah-langkah dalam mengembangkan materi Bahasa Arab dengan modul pada maharah qiraah, 2) untuk mengetahui validasi media modul pada maharah qiraah. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode research and development dengan menggunakan model Sugiyono. Alat peneltian yang digunakan adalah lembar observasi. Sampel pada penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas VIII semester II. Hasil dari penelitian ini: 1) Langkah-langkah dalam pengembangan bahan ajar terdiri dari analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan data, desain produk, pengesahan produl, revisi produk. 2) bahan ajar dapat digunakan setelah dilakukan penilaian oleh para ahli, hasil dari ahli media 94% dengan kategori (layak), hasil dari ahli materi dan Bahasa 93% (layak).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Abdul Hanif Azharianur
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:33
Last Modified: 08 Jan 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34522

Actions (login required)

View Item
View Item