Urgensi Konseling Teman Sebaya Dalam Upaya Menyelesaikan Studi Akhir Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry

Alfina Jiean Avida, 190402057 (2023) Urgensi Konseling Teman Sebaya Dalam Upaya Menyelesaikan Studi Akhir Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Urgensi Konseling Teman Sebaya Dalam Upaya Menyelesaikan Studi Akhir Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry] Text (Urgensi Konseling Teman Sebaya Dalam Upaya Menyelesaikan Studi Akhir Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)
Alfina Jiean Avida, 190402057, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terdapat pada beberapa mahasiswa akhir di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, bahwa terdapat beberapa Mahasiswa/I akhir yang memiliki kondisi dan lingkungan yang kurang baik, sulit dalam menemukan support system atau teman pendukung dalam mengerjakan skripsi bersama-sama, sejatinya teman sebaya sangat berperan dalam memberikan dukungan yang baik, namun kenyataanya masih banyak Mahasiswa/I yang belum memberikan dukungan yang baik terhadap dirinya dan teman sebayanya. bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah yang di hadapi oleh mahasiswa yang menyelesaikan studi akhir di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, serta mengetahui urgensi konseling teman sebaya dalam menyelesaikan masalah pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian diambil menggunakan purposive sumpling, yaitu 10 mahasiswa/I Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan studi akhir di Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari masalah akademik dan masalah sosial-pribadi, konseling teman sebaya penting dilakukan dalam upaya mahasiswa/i menyelesaikan studi akhir agar dapat memiliki keterbukaan antara sesama teman sebaya dan memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi dan lebih mudah menemukan support system selama mengerjakan studi akhir. Mahasiswa/i juga mengaku sangat membutuhkan layanan konseling teman sebaya pada saat mengahadapi masalah, Mahasiswa/I membutuhkan tenaga konselor untuk berbagi cerita juga mencari solusi dalam menghadapi masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alfina Jiean Avida Jiean
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:19
Last Modified: 08 Jan 2024 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34536

Actions (login required)

View Item
View Item