Analisis Kemampuan Pengucapan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Satu MTs Muhammadiyah Aceh Singkil

Muhammad Hafidh Al Khifary, 190202081 (2024) Analisis Kemampuan Pengucapan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Satu MTs Muhammadiyah Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pengucapan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Satu MTs Muhammadiyah Aceh Singkil] Text (Analisis Kemampuan Pengucapan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Satu MTs Muhammadiyah Aceh Singkil)
Muhammad Hafidh Al Khifary, 190202081, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal tanggal 28 Agustus 2022 yang melakukan penelitian di MTs Muhammadiyah Aceh Singkil, peneliti menemukan beberapa kendala dalam pembelajaran bahasa Arab, antara lain, masih ada beberapa siswa yang salah mengucapkan huruf-huruf pada kosakata, karena sulit. Untuk membedakan bunyi huruf. Mereka hampir sama dalam pengucapannya, baik dalam konteks dialog/percakapan maupun dalam membaca teks di buku-buku bahasa arab, selain itu mereka juga tidak terlalu memperhatikan kesalahan dalam pengucapan kosa kata.Tidak, lain halnya dengan permasalahan tugas, hanya saja ada di antara mereka yang hanya ingin mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Di sekolah ini, rangkaian proses pembelajaran bahasa Arab dimulai dengan menyimak atau menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan penelitian yang saya lakukan di sekolah ini adalah untuk mengetahui kemampuan pengucapan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas satu MTs Muhammadiyah Aceh Singkil serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor kesulitan atau hambatan yang dihadapi dalam pengucapan kosakata bahasa arab pada siswa kelas satu MTs. MTs Muhammadiyah Aceh Singkil Metode penelitian yang saya gunakan adalah : Tes dan angket. Alat penelitian saya berupa dokumen yang berisi bahan bacaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa. Adapun sumber datanya, peneliti memfokuskan pada siswa sehingga peneliti mengetahui antusiasme mereka dalam pembelajaran bahasa arab di MTs Muhammadiyah Aceh Singkil untuk kelas satu. Kesimpulannya, ada dua hasil dari penelitian saya: 1) Siswa mengalami kesulitan dalam pengucapan bahasa Arab karena keterbatasan kosakata, kurangnya inisiatif untuk mengucapkan sendiri, dan keengganan untuk mencari kosakata yang sulit dan tidak diketahui. atau keinginan berbicara bahasa Arab bersama teman sejawat dan kurang semangat dalam proses pembelajaran.2) Upaya guru untuk mengatasi kesulitan dalam pengucapan bahasa Arab adalah dengan memberikan hadiah kepada siswa yang berbahasa Arab pada saat proses pengajaran atau di luar kelas, Guru juga menggunakan metode kartu bergambar dalam proses pengajaran untuk memudahkan siswa dalam menghafal kosakata, namun upaya ini dilakukan dalam proses pengajaran. Upaya tersebut mengurangi jumlah siswa yang berbahasa Arab dalam proses pembelajaran, sedangkan sisanya tidak berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Hafidh Al Khifary
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:14
Last Modified: 09 Jan 2024 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34566

Actions (login required)

View Item
View Item