Efektifitas Penggunaan Media Jam Dinding Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami ‘Adad Ma’dud (Studi Eksperimen Di MTs Nurul Islam Peudada)

Suci Hijriati, 210202148 (2024) Efektifitas Penggunaan Media Jam Dinding Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami ‘Adad Ma’dud (Studi Eksperimen Di MTs Nurul Islam Peudada). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektifitas Penggunaan Media Jam Dinding Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami ‘Adad Ma’dud (Studi Eksperimen Di MTs Nurul Islam Peudada)] Text (Efektifitas Penggunaan Media Jam Dinding Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami ‘Adad Ma’dud (Studi Eksperimen Di MTs Nurul Islam Peudada))
Suci Hijriati, 210202148, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di MTs Nurul Islam Peudada adalah siswa tidak mampu memahami ‘adad ma’dud, dan sebagian siswa susah dalam menyesuaikan antara ‘adad dan ma’dud. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas dan respon siswa terhadap penggunaan media jam dinding untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ‘adad ma’dud pada kelas 2 di MTs Nurul Islam Peudada. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test, Post-Test Design. Peneliti menggunakan soal pre-test, post-test dan angket sebagai metode dalam mengumpulkan data. Adapun hasil penggunaan media jam dinding Efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ‘adad ma’dud dikelas 2 (B) di MTs Nurul Islam Peudada, peneliti memperoleh hasil Paired Sample T-Test dengan tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif Ha diterima dan Hipotesis Nol Ho ditolak. Adapun hasil respon siswa tentang penggunaan media jam dinding dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ‘adad ma’dud kelas 2 (B) di MTs Nurul Islam Peudada adalah Positif, peneliti memperoleh jawaban positif 71,78% dibandingkan dari jawaban negatif yaitu 28,21%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Suci Hijriati
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:03
Last Modified: 09 Jan 2024 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34596

Actions (login required)

View Item
View Item