Penggunaan Media Papan Kantong Untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Terhadap Sharaf (Penelitian Eksperimen di MTsS Lam Ujong Aceh Besar)

Zarraf Zakky Zaffir Isfa, 180202197 (2023) Penggunaan Media Papan Kantong Untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Terhadap Sharaf (Penelitian Eksperimen di MTsS Lam Ujong Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media, Papan Kantong, Sharaf] Text (Media, Papan Kantong, Sharaf)
Zarraf Zakky Zaffir Isfa, 180202197, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

MTsS Lam Ujong adalah salah satu sekolah yang ada di Aceh Besar, dan mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan. Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari dimana terdapat pembelajaran sharaf, nahwu, menulis dan berbagai macam lainnya yang menyangkut dengan bahasa arab. Namun ketika peneliti meninjau langsung ke sekolah ini terdapat beberapa masalah yaitu guru-guru belum menggunakan media pembelajaran yang berbagai macam dalam proses pembelajaran dan guru menjelaskan pembelajaran dengan metode berceramah, sehingga sebagian siswa tidak memahami pembelajaran dan mereka merasa bosan dalam belajar bahasa arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitAs penggunaan media papan kantong untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap sharaf dan untuk mengetahui jawaban siswa terhadap penggunaan media ini. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan One Group Pre-Test, Pos-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTsS Lam Ujong Aceh Besar yang berjumlah 310 siswa tahun pelajaran 2023/2024, dan sampelnya adalah siswa kelas delapan B yang berjumlah 19 siswa. untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan soal-soal pre-test, post-test dan angket respon siswa. Adapun hasil penelitiannya adalah jawaban siswa terhadap penggunaan media papan kantong untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap sharaf adalah positif dengan presentase 84%. dan penggunaan media papan kantong sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap sharaf berdasarkan hasil signifikasi Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 yaitu lebih kecil dari nilai signifikasi 0,005.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zarraf Zakky Zaffir Isfa Zarraf
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:31
Last Modified: 10 Jan 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34617

Actions (login required)

View Item
View Item