Novi Selvia, 200209125 (2024) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Menggunakan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Novi Selvia, 200209125 (2023).pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Novi Selvia, 200209125 (2023).pdf
Download (11MB)
Abstract
Matematika adalah salah satu ilmu dasar yang mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam kehidupan karena matematika dapat mempersiapkan dan mengembangkan kemampuan pemahaman konsep. Namun berdasarkan hasil penelitian awal kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah. Oleh karena itu kemampuan pemahaman konsep perlu diperbaiki, salah satunya dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan alat peraga kubus satuan. Metode yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain pretest – posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar dan yang menjadi sampel kelas V-A dan Kelas V-B. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan konsep . Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan realistic mathematics education dengan alat peraga kubus satuan berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 516 Geometri > 516.9 Geometri non-Euklides |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Novi Selvia |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 03:21 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 03:21 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34630 |