Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Student-Engagement pada Siswa di MAN 6 Pidie Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie

Munalisa, 180901132 (2023) Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Student-Engagement pada Siswa di MAN 6 Pidie Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Student Engagement] Text (Student Engagement)
Munalisa, 180901132, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Self-efficacy adalah keyakinan atau penilaian diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Siswa yang meyakini bahwa mereka memiliki kemampuan dapat meningkatkan student engagement dalam aktivitas di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan student-engagement pada siswa di MAN 6 Pidie kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala self-efficacy dan skala student-engagement. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII di MAN 6 Pidie yang berjumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah korelasi rho (ρ) dari Pearson. Hasil penelitian ini memperoleh nilai koefisien korelasi rho (p) = 0,461 dengan p = 0,001 (p < 0,05). Yang berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel self-efficacy dengan student-engagement pada di MAN 6 Pidie Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Hal ini bermakna semakin tinggi self-efficacy, maka semakin tinggi pula student-engagement. Sebaliknya semakin rendah self-efficacy, maka semakin rendah pula student-engagement.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Munalisa Lisa
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:35
Last Modified: 10 Jan 2024 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34647

Actions (login required)

View Item
View Item