Penggunaan Media Estafet Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Kalimat Sempurna

Nurul Zakia, 200202003 (2024) Penggunaan Media Estafet Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Kalimat Sempurna. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Estafet Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Kalimat Sempurna] Text (Penggunaan Media Estafet Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Kalimat Sempurna)
Nurul Zakia, 200202003, FTK, PBA, .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Peneliti memilih sekolah ini karena ia merupakan salah satu sekolah menengah di Bireuen yang siswanya mempelajari mata pelajaran wajib yaitu bahasa Arab dan Inggris. Namun sebagian besar siswa di MTsN 11 Bireuen, seperti yang peneliti perhatikan, masih sulit dalam mengingat mufradat dan kesusahan dalam menyususn kalimat di dalam kelas, Karena kurangnya kesempatan untuk berlatih serta metode pendidikan yang digunakan masih belum tepat .Metode yang digunakan adalah metode tradisional. Yang mana Proses pengajaran difokuskan di bawah guru, sehingga tidak ada kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan menyusun kalimat sempurna dan berpartisipasi dalam proses pengajaran dengan rajin dan aktif. Dan untuk mengatasi masalah ini membutuhkan langkah baru yang efektif dalam proses pendidikan, terutama dalam teknik atau metode pendidikan. Peneliti yakin bahwa Estafet Game dapat menjadi cara yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut dan sesuai untuk diterapkan dalam menyususn kalimat sempurna. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan jawaban siswa terhadap penggunaan Estafet Game di kalangan siswa kelas 8 MTsN 11 Bireuen. Metode penelitian yang peneliti andalkan adalah metode eksperimen dengan (pre-Expremental design). Untuk mengumpulkan data, peneliti mengandalkan angket dan tes. Dalam penelitian ini seluruh siswa kelas 2 di MTsN 11 Bireuen yang berjumlah 50 siswa dan peneliti mengambil 25 siswa kelas VIII-b sebagai sampel. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Estafet Game efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sempurna di MTsN 11 Bireuen. Buktinya hasil uji paired sample t-test (sig.2-tailed sebesar 0,000 lebih kecil dari hasil taraf signifikan 0,05. Respon siswa yang tinggi dalam menyusun kalimat sempurna dengan metode Estafet Game di MTsN 11 Bireuen. Peneliti mengandalkan data yang diperoleh sebesar: 82,2%, dan hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan Estafet Game positif dalam mempelajari menyusun kalimat sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Zakia
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:52
Last Modified: 10 Jan 2024 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34649

Actions (login required)

View Item
View Item