Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh

Fitri Mala Mulya, 190209100 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle  5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh)
Fitri Mala Mulya, 190209100, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Berdasarkan hasil observasi pada kelas V-a MIS Lamgugob Banda Aceh, diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang diajarkan hal ini terlihat dari nilai siswa yang masih dibawah nilai KKM. Kemudian pada saat pembelajaran di kelas berlangsung kurangnya ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-a MIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta melalui tes. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai nilai persentase 75%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 83,33%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dari beberapa keterampilan dengan nilai 93,75%. Untuk aktivitas siswa pada siklus I yaitu dengan niali 63,75%, untuk siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 83,69%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dari beberapa keterampilan dengan nilai 93,47%. Kemudian untuk hasil belajar siswa pada (1) siklus I siswa yang tuntas yaitu 18 orang siswa dengan persentase 64,18%, pada (2) siklus II mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 23 orang siswa 82,14%, dan pada (3) siklus III mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 26 orang siswa dengan persentase 92,85%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Mala Mulya
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:51
Last Modified: 11 Jan 2024 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34727

Actions (login required)

View Item
View Item