Ma‘Ānī Ḥurūfil Al-Jarri Fī Qaṣīdati "Ayyuhā Al-Muntaḥī Biaswāna Dārā" Li Aḥmad Syauqī (Dirāsatun Naḥwiyyatun)

Farida Ningsih, 190502112 (2024) Ma‘Ānī Ḥurūfil Al-Jarri Fī Qaṣīdati "Ayyuhā Al-Muntaḥī Biaswāna Dārā" Li Aḥmad Syauqī (Dirāsatun Naḥwiyyatun). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Ma‘Ānī Ḥurūfil Al-Jarri Fī Qaṣīdati "Ayyuhā Al-Muntaḥī Biaswāna Dārā" Li Aḥmad Syauqī (Dirāsatun Naḥwiyyatun)] Text (Ma‘Ānī Ḥurūfil Al-Jarri Fī Qaṣīdati "Ayyuhā Al-Muntaḥī Biaswāna Dārā" Li Aḥmad Syauqī (Dirāsatun Naḥwiyyatun))
Farida Ningsih, 190502112, FAH, BSA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Ma‘ānī Ḥurūfil al-Jarri fī Qaṣīdati "Ayyuhā al-Muntaḥī Biaswāna Dārā" li Aḥmad Syauqī (Dirāsatun Naḥwiyyatun). Adapun permasalah pada penelitian ini adalah apa saja makna huruf jar (Bā’, min, Fī, kaf, ruba, ‘Alā, lam dan ila’) yang terdapat dalam Qaṣīdati "Ayyuhā al-Muntaḥī Biaswāna Dārā?. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan huruf jar dan maknanya di dalam Qaṣīdati "Ayyuhā al-Muntaḥī Biaswāna Dārā. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Adapun teori yang membantu penelitian ini yaitu teori Nahwu. Adapun kesimpulan yang Peneliti dapatkan adalah ada 62 huruf jar (Bā’, min, Fī, kaf, ruba, ‘Alā, lam dan ila’) yang terdapat dalam Qaṣīdati Ayyuhā al-Muntaḥī Biaswāna Dārā, yaitu Huruf jar Bā’ ada 17 huruf dan yang berma'na al-’Ilṣāq ada 2 macam, aẓ- Ẓarfiyyah ada 5 macam, al-Muṣāḥabah ada 6 macam, berma'na Min ada 1 macam, at-Ta’kid ada 2 macam, berma'na al-’Isti‘ānah 1 macam. Dan huruf jar Min ada 11 berma'na al Ibtidāi ada 1 macam, as-Sababiyyah wa Ta‘līl ada 1 macam, al-Bayān ada 5 macam, at-Tab‘īḍi ada 4. Huruf jar Fī ada 14 huruf dan yang berma'na aẓ-Ẓarfiyyah ada 6 macam, al-’Isti‘la’ ada 8 macam. Huruf jar kaf ada 8 huruf dan yang berma'na Tasybīh ada 7 macam, berma'na ‘Alā ada 1 macam. Huruf jar Rubba ada 3 huruf dan yang berma'na taksir ada 3 macam. Huruf jar Alā ada 5 huruf dan yang berma'na al-’Isti‘la’ ada 4 macam, dan berma'na min ada 1 macam. Dan huruf jar lam ada 3 huruf, dan berma'na at-Ta‘diyah 2 macam dan makna Ta‘līl 1 macam. Dan huruf jar ’ilā ada satu dan berma'na al-Muṣāḥabah 1 macam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Farida Ningsih
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:04
Last Modified: 12 Jan 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34768

Actions (login required)

View Item
View Item