Hubungan Antara Kebutuhan Informasi Dengan Ketersediaan Koleksi Di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Alfis Nahrin, 190503322 (2024) Hubungan Antara Kebutuhan Informasi Dengan Ketersediaan Koleksi Di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Hubungan Antara Kebutuhan Informasi Dengan Ketersediaan Koleksi Di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Kebutuhan Informasi Dengan Ketersediaan Koleksi Di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Alfis Nahrin, 190503322, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Hubungan Antara Kebutuhan Informasi dengan Ketersedian Koleksi di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kebutuhan informasi dengan ketersediaan koleksi di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan informasi dengan ketersediaan koleksi di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan uji korelasi dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebutuhan informasi dengan ketersediaan koleksi di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi, diperoleh koefisien r sebesar 0,478 (sedang). Mempunyai koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,2284. Hasil pengujian hipotesis juga diperoleh nilai T-hitung yang diperoleh sebesar 5.391, sedangkan nilai T-tabel dengan df sebesar 98 maka diperoleh nilai T-tabel sebesar 1,66 dapat disimpulkan bahwa t-hitung > t-tabel, sehingga hipotesis alternatif diterima, sementara hipotesis nol ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara kebutuhan informasi (X) dengan ketersediaan koleksi (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Alfis Nahrin
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:48
Last Modified: 15 Jan 2024 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34798

Actions (login required)

View Item
View Item