Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Pelajaran Balghah Di Dayah Darul Ihsan

Farisah Sharfina, 190202176 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Pelajaran Balghah Di Dayah Darul Ihsan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Pelajaran Balghah Di Dayah Darul Ihsan] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Pelajaran Balghah Di Dayah Darul Ihsan)
Farisah Shafrina, 190202176, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Setelah peneliti melakukan observasi langsung pada kelas 1 tingkat Aliyah Dayah Darul Ihsan, peneliti menemukan bahwa para siswa mengalami kesulitan dalam memahami Balaghah, dan merasa bosan dalam proses pembelajaran Balaghah, khususnya ilmu bayan pada bagian tasybih. Karena guru tidak menggunakan metode yang bervariasi dan hanya menggunakan metode ceramah saja. Dengan permasalahn tersebut peneliti ingin menerapkan metode Make a Match untuk meningkatkan pemahaman Balaghah pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran Balaghah di MAS Darul Ihsan, dan mengetahui pengaruh metode Make a Match terhadap pemahaman balaghah pada siswa MAS Darul Ihsan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan tipe One Group Pre-test Post-test Desigh. Peneliti menyajikan lembar observasi, pre-test, dan post-test sebagai alat penelitian. Adapun hasil penelitian dalam penelitian ini bahwa penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran Balaghah di MAS Dayah Darul Ihsan sangat baik. Hasil kegiatan guru sebesar 96% dengan nilai sangat baik dan hasil kegiatan siswa sebesar 97% dengan nilai sangat baik. Penggunaan Make a Match berpengaruh terhadap pemahaman Balaghah pada siswa tingkat Aliyah Darul Ihsan. Hasil tingkat signifikansi 2 (Sig Tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Farisah Sharfina
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:16
Last Modified: 16 Jan 2024 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34843

Actions (login required)

View Item
View Item