Penerapan Metode Index Card Match Pada Pembelajran Nahwu (Studi Eksperimen Di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar)

Febriyani, 190202189 (2024) Penerapan Metode Index Card Match Pada Pembelajran Nahwu (Studi Eksperimen Di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Index Card Match Pada Pembelajran Nahwu (Studi Eksperimen Di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar)] Text (Penerapan Metode Index Card Match Pada Pembelajran Nahwu (Studi Eksperimen Di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar))
Febriyani, 190202189, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pesantren Darul Ihsan adalah salah satu Lembaga pendidkan di Aceh yang bergerak di bidang pengajaran Bahasa Arab, Nahwu, Sharaf, Ilmu Agama, dan lain-lain. Peneliti melihat bahwa pada kelas ketiga tidak ada metode yang berbeda, pengajaran tata bahasa siswa dengan cara tradisional, oleh karena itu peneliti ingin menerapkan metode Index Card Match pada pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Index Card Match dalam pengajaran Nahwu di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar, dan untuk mengetahui respon siswa ketika menerapkan metode Index Card Match dalam pengajaran Nahwu di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen. Peneliti memilih pendekatan “Pre-Experimen Designs” yang dinamakan One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 256 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III “E”. Kelas III “E” berjumlah 34 siswi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Index Card Match efektif dalam pengajaran Nahwu di Pesantren Daruul Ihsan Aceh Besar, dengan menggunakan SPSS 25 hal ini dibuktikan dengan menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dengan signifikansi (Asymp. Sig. (2-tailed)) 0.000<0.05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Febriyani Febriyani
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:16
Last Modified: 16 Jan 2024 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34846

Actions (login required)

View Item
View Item