Pengembangan Bahan Ajar Handout Pada Mata Materi Sekolah Untuk Keterampilan Membaca Kepada Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas

Amiratun Nisak, 200202109 (2024) Pengembangan Bahan Ajar Handout Pada Mata Materi Sekolah Untuk Keterampilan Membaca Kepada Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan  Bahan Ajar Handout Pada Mata Materi Sekolah Untuk Keterampilan Membaca Kepada Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas] Text (Pengembangan Bahan Ajar Handout Pada Mata Materi Sekolah Untuk Keterampilan Membaca Kepada Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas)
Amiratun Nisak, 200202109, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar dalam bentuk handout pada materi “المدرسة” dan untuk mengetahui keefektifannya pada keterampilan membaca. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode "research and development" dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah dokumentasi, wawancara, angket, dan ujian. Peneliti menganalisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar dengan bentuk handout terdiri dari lima langkah, yaitu: 1) Analisis (Analysis): guru tidak menggunakan bahan ajar selain buku bahasa arab KMA 183 tahun 2019, jumlah bukunya terbatas, sebagian besar siswa merasa sulit dalam keterampilan membaca, siswa merasa bosan, tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab dan kurangnya minat untuk membaca teks-teks arab. 2) Desain (Design): peneliti merancang produk dengan menggunakan Microsoft Word 2010 dengan memperhatikan komponen penyusunannya. 3) Pengembangan (Development): peneliti melakukan validasi dengan hasil: 94% dari segi isi dan bahasa dan 100% untuk desain. 4) Penerapan (Implementation): peneliti menerapkan penggunaan buku yang dikembangkan kepada 15 siswi, kemudian memberikan pre-test dan post-test kepada siswa: hasil tes siswa menghasilkan peningkatan antara pre-test dan post-test sebesar 27,4%. 5) Evaluasi (Evaluate): Peneliti menyebarkan angket respon guru mengenai Handout, dan diperoleh 45% tanggapan guru yang menyatakan sangat setuju dan 54% tanggapan guru yang menyatakan setuju.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Amiratun Nisak
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:14
Last Modified: 18 Jan 2024 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34856

Actions (login required)

View Item
View Item