Kemampuan Nahwu Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (Perbandingan Antara Alumni Pesantren, MAN dan SMA)

Rosa Yuli Sahara, 170202063 (2023) Kemampuan Nahwu Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (Perbandingan Antara Alumni Pesantren, MAN dan SMA). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Nahwu Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (Perbandingan Antara Alumni Pesantren, MAN dan SMA)] Text (Kemampuan Nahwu Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (Perbandingan Antara Alumni Pesantren, MAN dan SMA))
SKRIPSI OCA I-V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

tidak selalu diukur dari latar belakang pendidikan sebelumnya, tetapi banyak lulusan MAN dan SMA yang memiliki kemampuan nahwu sama atau lebih baik dari mahasiswa yang lulus dari pesantren. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan nahwu mahasiswa antara alumni pesantren, MAN dan SMA serta faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perbedaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (Mix Method). Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi berupa telaah data dan wawancara Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan tahun 2017 yang berjumlah 126 mahasiswa. Adapun sampelnya berjumlah 56 mahasiswa. Adapun hasil dari penelitian ini didapati bahwa kemampuan nahwu mahasiswa alumni pesantren lebih baik dengan rata-rata pesantren mendapatkan nilai 83,7126 dengan nilai minimum 72.43 dan nilai maksimum 94.51. Sedangkan MAN mendapatkan urutan kedua dengan nilai rata-rata 81.72 dengan nilai minimum 74.90 dan nilai maksimum 93.39. dan yang terakhir mahasiswa alumni SMA dengan nilai rata-rata 75.90 dengan nilai minimum 66.50 dan nilai maksimum yang didapat 89.04. Hasil analisis wawancara bahwa faktor asal sekolah, faktor kecerdasan, faktor bakat, faktor minat, faktor motivasi, faktor lingkungan lembaga pendidkan, faktor lingkungan, faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan masyarakat menjadi faktor yang menyebabkan perbedaan kemampuan nahwu antara alumni pesantren, MAN dan SMA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rosa Yuli Sahara Rosa
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:48
Last Modified: 17 Jan 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34888

Actions (login required)

View Item
View Item