Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs

Roza Faradilla, 190205006 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs] Text (Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs)
Roza Faradilla, 190205006, FTK, PMA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Salah satu kemampuan yang penting yang harus dipelajari oleh siswa adalah kemampuan representasi matematis. Namun, pada hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis dari siswa masih tergolong rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa ialah dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran matematika realistik dengan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa MTsN 6 Aceh Besar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian yaitu quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Matematika Realistik dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung=2,90 dan t_tabel=1,68. Jadi, karena t_hitung≥t_tabel atau 2,90≥1,68, maka terima H_1 dan tolak H_0. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran matematika realistik ini dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Roza Faradilla
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:48
Last Modified: 22 Jan 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34950

Actions (login required)

View Item
View Item