Penggunaan Metode Manhaji Dan Media Ayat Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Nahwu Di Dayah Asaasun Najaah, Aceh Besar.

Putri Rasmita, 190202077 (2024) Penggunaan Metode Manhaji Dan Media Ayat Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Nahwu Di Dayah Asaasun Najaah, Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Manhaji Dan Media Ayat Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Nahwu Di Dayah Asaasun Najaah, Aceh Besar.] Text (Penggunaan Metode Manhaji Dan Media Ayat Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Nahwu Di Dayah Asaasun Najaah, Aceh Besar.)
Putri Rasmita, 190202077, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, bahwa siswa di dayah Asaasun Najaah tidak mampu membaca teks Bahasa Arab sesuai dengan qaidah yang dipelajari dan tidak mampu menentukan letak dan jenis kata dalam sebuah kalimat sesuai dengan yang diajarkan gurunya. Oleh karena itu, peneliti mencoba menyelesaikan masalah ini dengan menggunakan metode manhaji dan media ayat al-Qur’an untuk menungkatkan kemampuan siswa dalam memahami nahwu,khususnya pada materi pembagian kata. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode manhaji dan media ayat al-Qur’an dalam pembelajaran nahwu dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode manhaji dan media ayat al-Qur’an dalam pembelajaran nahwu. Dan metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen dengan one group pretest posttest design, dan instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pretest dan posttest dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretest dan posttest dengan tingkat signifikansi (Asymp.Sig. 2-tailed) 0,000 < 0.05 hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode manhaji dan media ayat al-Quran efektif dalam pembelajaran nahwu, dan respon siswa terhadap pembelajaran ini adalah positif dengan nilai rata-rata 94,87 %

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Rasmita
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:17
Last Modified: 22 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34962

Actions (login required)

View Item
View Item