Penggunaan Buku Miftahul Lil Ulum Pada Pembelajaran Nahwu Di Madrasah Aliyah Ma’had Nurul Ulum Aceh Timur

Niza Rahmadhani, 190202029 (2024) Penggunaan Buku Miftahul Lil Ulum Pada Pembelajaran Nahwu Di Madrasah Aliyah Ma’had Nurul Ulum Aceh Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Buku Miftahul Lil Ulum Pada Pembelajaran Nahwu Di Madrasah Aliyah Ma’had Nurul Ulum Aceh Timur] Text (Penggunaan Buku Miftahul Lil Ulum Pada Pembelajaran Nahwu Di Madrasah Aliyah Ma’had Nurul Ulum Aceh Timur)
Niza Rahmadhani, 190202029, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Bedasarkan observasi pertama peneliti di Madrasah Aliyah pada kelas I Nurul Ulum Aceh Timur, menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami pembelajaran bahasa Arab, khusususnya pada pembelajaran Nahwu, mereka menghadapi kesulitan dalam mempelajarinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui keefektifitas penggunaan buku miftahul lil ulum untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran nahwu dan mengatahui respon siswa terhadap buku Al-miftahul lil ulum dalam mempelajari nahwu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan tipe One Group Pre-test Post-test Design. Adapun instrumen yang digunakan peneliti yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku Al-miftahul lil ulum ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada nahwu, dengan hasil tingkat signifikasi Sig.(2-Wilcoxon Tailed) 0,000< 0,05. Respon siswa terhadap penggunan buku Al-miftahul lil Ulumi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam tata bahasa adalah jawaban positif lebih besar dibandingkan jawaban negatif,( 66,63% > 33,21). Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa merasa dengan menggunakan buku ini meningkatkan semangat dan minat mereka dalam belajar tata bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Niza Rahmadhani
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:17
Last Modified: 22 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34963

Actions (login required)

View Item
View Item