Penggunaan Cerpen Dalam Pengajaran Insya’ Hur “Penelitian Kuantitatif Di SMA Al-Quran Ar-Raudhah Lhokseumawe”

Dani Harira, 190202057 (2024) Penggunaan Cerpen Dalam Pengajaran Insya’ Hur “Penelitian Kuantitatif Di SMA Al-Quran Ar-Raudhah Lhokseumawe”. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Cerpen Dalam Pengajaran Insya’ Hur “Penelitian Kuantitatif Di SMA Al-Quran Ar-Raudhah Lhokseumawe”] Text (Penggunaan Cerpen Dalam Pengajaran Insya’ Hur “Penelitian Kuantitatif Di SMA Al-Quran Ar-Raudhah Lhokseumawe”)
Dani Harira, 190202057, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama yang dilakukan peneliti, para siswi SMA Al-Quran Ar-Raudhah khususnya di kelas satu belum mampu mengungkapkan pikiran dan pendapatnya dalam menulis bahasa arab dengan baik dan benar, dan mereka merasa bosan dan tidak termotivasi ketika belajar, oleh karena itu guru harus menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan motivasi siswa dalam pengajaran insya’ hur. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan cerita pendek dalam pengajaran insya’ hur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktivitas guru dan siswa ketika menggunakan cerita pendek dalam pembelajaran insya’ hur di SMA Al-Quran Ar-Raudhah Lhokseumawe, dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan dalam pembelajaran insya’ hur di SMA Al-Quran Ar-Raudhah Lhokseumawe. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain one-group pre-test and post-test. Peneliti menyajikan lembar observasi, pre-test, dan post-test sebagai alat penelitian. Hasil penggunaan cerita pendek dalam pengajaran insya’ hur di SMA Al-Quran Ar-Raudhah Lhokseumawe mendapat nilai sangat baik, pada aktivitas guru dengan skor 90,3% dan pada aktivitas siswa dengan skor 85%, ketika menganalisis data observasi. Penggunaan cerita pendek efektif dalam pengajaran insya’ hur, dan peneliti mengandalkan fakta bahwa hasil tes (Paired Sample T-Test) memperoleh tingkat signifikansi (sign.2-tailed 0,000), yang lebih kecil dari pada hasil tingkat signifikansi (0,005) yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu, penggunaan cerita pendek efektif dalam pengajaran insya’ hur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dani Harira
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:36
Last Modified: 22 Jan 2024 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34964

Actions (login required)

View Item
View Item