Penerapan Metode Intiqaiyyah Melalui Film Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla' "Penelitian Kuantitatif Di Kelas Dua SMP Dayah Al-Madani Al-Aziziyah Aceh Besar."

Ulil Abshariyah, 190202058 (2024) Penerapan Metode Intiqaiyyah Melalui Film Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla' "Penelitian Kuantitatif Di Kelas Dua SMP Dayah Al-Madani Al-Aziziyah Aceh Besar.". Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Intiqaiyyah Melalui Film Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla' "Penelitian Kuantitatif Di Kelas Dua SMP Dayah Al-Madani Al-Aziziyah Aceh Besar."] Text (Penerapan Metode Intiqaiyyah Melalui Film Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla' "Penelitian Kuantitatif Di Kelas Dua SMP Dayah Al-Madani Al-Aziziyah Aceh Besar.")
Ulil Abshariyah, 190202058, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa beberapa siswa di kelas dua SMP merasa sulit untuk belajar dikte dan tidak memahami materi, ketika proses mengajar dan belajar mereka tidak focus, berbicara dan tertawa sesama temannya di kelas, dan ini adalah alasan bahwa beberapa dari mereka tidak memahami materi dan beberapa dari mereka dapat memahami materi, tetapi mereka sulit untuk membedakan huruf yang didikte seperti huruf ت dan ة. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan metode Intiqaiyyah melalui film Arab dalam pembalajaran imla'. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk belajar tentang efektivitas metode Intiqaiyyah melalui film Arab dalam pengajaran dikte pada kelas dua SMP di Dayah Al-Madani Al-Aziziyah Aceh Besar dan untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa ketika menerapkan metode selektif melalui film Arab dalam pembelajaran Imla' pada kelas dua SMP di Dayah Al-Madani Al-Aziziyah Aceh Besar. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian eksperimental dari metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test design. Adapun alat dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi dan test. Hasil penerapan metode menunjukkan bahwa Penerapan etode Intiqaiyyah Melalui Film Bahasa Arab dalam Pembelajaran Imla' mendapat skor yang sangat baik. Hasil penerapan metode intiqaiyyah melalui film berbahasa Arab dalam pengajaran imla' di kelas dua SMP Al-Madani Al- Aziziyah Aceh Besar memperoleh nilai yang sangat baik, dalam kegiatan guru di kelas 92,5% dan dalam kegiatan siswa di kelas 92,5%، Saat menganalisis data pengamatan. Penerapan metode intiqaiyyah media film Arab efektif dalam pengajaran imla', dan peneliti mengandalkan hasil dari tes (Paired Sampel T-Test) mendapatkan hasil (sig.2-tailed 0,000)، Ini lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi (0,005). Ini berarti bahwa penerapan metode intiqaiyyah melalui film Arab efektif dalam pengajaran imla'.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulil Abshariyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:36
Last Modified: 22 Jan 2024 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34969

Actions (login required)

View Item
View Item