Penerapan Metode Bermain Peran (Role Play) Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup Di kelas VII SMPN 10 Banda Aceh

Sarmiyati, 281223218 (2017) Penerapan Metode Bermain Peran (Role Play) Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup Di kelas VII SMPN 10 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of membahas masalah metode bermain peran dalam ketuntasan belajar]
Preview
Text (membahas masalah metode bermain peran dalam ketuntasan belajar)
gbungan 1-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (721kB) | Preview

Abstract

Penerapan metode bermain peran dilakukan di SMPN 10 Banda Aceh disebabkan karena guru di SMPN 10 Banda Aceh tersebut masih dominan mengggunakan pembelajaran dengan satu arah yaitu dengan penerapan metode ceramah saja, dan belum dilakukan pembelajaran yang bervariasi, menyebabkan siswa kurang aktif, bosan dan tidak terlalu memperhatikan pembelajaran yang disampaikan dan berakibat pada hasil ketuntasan belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan pembelajaran yang bervariasi dengan penerapan metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMPN 10 Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dilakukan selama tiga minggu. Penelitian ini dilakukan di SMPN 10 Banda Aceh pada bulan 10 mulai dari tanggal 3 sampai tanggal 22 oktober 2016. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMPN 10 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi dan tes. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis deskriptif. Hasilnya menunjukkan sebagian besar dari siswa telah mencapai ketuntasan belajar dilihat pada siklus III adalah 77,27% dan sudah tergolong kategori baik, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa juga telah mencapai kategori sangat baik yaitu 90,62%. Adapun kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini bahwa penerapan metode bermain peran (role playing) dapat menuntaskan hasil belajar siswa dengan kategori nilai ketuntasan rata-rata pada hasil belajar siswa adalah baik dan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran bermain peran dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Bermain Peran, Ketuntasan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; 1. Dr. Anton Widyanto, M. Ag, Ed. S; NIP. 19761009 200212 1 002 2. Eriawati, S. Pd. I, M. Pd; NIP. 19811126200910 2 003
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran, Ketuntasan Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sarmiyati Abukamar
Date Deposited: 16 Aug 2017 11:36
Last Modified: 16 Aug 2017 11:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item
View Item