Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Tingkat SMA/MA

Salsabila, 190204032 (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Tingkat SMA/MA] Text (Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Tingkat SMA/MA)
Salsabila, 190204032, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri I Baitussalam ditemukan bahwa peserta didik jarang melakukan praktikum di laboratorium, hal ini dikarenakan terkendala alat praktikum dan LKPD yang digunakan juga belum memadai sebagai pendukung dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas maupun di laboratorium. Dari masalah tersebut peneliti tertarik mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan mendesain LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi fluida dinamis, menganalisis kelayakan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi fluida dinamis, dan mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dengan model 4D. Model 4D terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (dissiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi yang terdiri dari ahli materi dan ahli media, dan lembar respon peserta didik. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 94,5% dengan kriteria sangat layak dan validasi ahli media sebesar 97% dengan kriteria sangat layak serta hasil respon peserta didik sebesar 91% dengan kriteria sangat menarik. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi fluida dinamis untuk tingkat SMA/MA sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Salsabila Salsabila
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:53
Last Modified: 24 Jan 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35013

Actions (login required)

View Item
View Item