Metode TPI ( Total Physical Interaction) Dan Penggunaanya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Pemahaman Bacaan

Lisaurrahmi, 200202063 (2024) Metode TPI ( Total Physical Interaction) Dan Penggunaanya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Pemahaman Bacaan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Metode TPI ( Total Physical Interaction) Dan Penggunaanya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Pemahaman Bacaan] Text (Metode TPI ( Total Physical Interaction) Dan Penggunaanya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Pemahaman Bacaan)
Lisaurrahami, 20202063, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti yang pertama pada kelas II (a) SMP Al-Fityan Aceh Besar. Para siswa mengalami beberapa masalah dalam pemahaman bacaan yaitu mampu membaca teks bahasa arab dengan baik akan tetapi mereka tidak mengetahui maksud dari teks tersebut dengan sempurna. Pada dasarnya mereka tahu kosa kata pada setiap kalimat tetapi mereka tidak dapat memahami ketika kosa kata tersebut bersambung dengan zhamir dan fi’il. Ketika menerjemahkan teks mereka menunggu terjemahan dari guru atau teman- temannya. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti akan menggunakan metode TPI ( Total Physical Interaction) dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode TPI ( Total Physical Interaction) ketika belajar dan mengetahui efektivitas penggunaan metode TPI ( Total Physical Interaction) dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman bacaan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eskperimen.Peneliti melakukan penelitian ini didalam satu kelas yang disebut dengan (One Group Pre- test Post –Test Design). Peneliti mengumpulkan data dengan menggunkan tes dan kuesioner. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan metode TPI ( Total Physical Interaction) dalam pembelajaran pemahaman bacaan adalah sangat bagus yaitu 97% dan penggunaan metode TPI ( Total Physical Interaction) efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman bacaan. Hasil tersebut terbukti dengan uji T yaitu Sig (0,000<0,05). Ini menunjukkan bahawa hipotesis (Ho) dan hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lisaurrahmi Rahmi
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:57
Last Modified: 24 Jan 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35017

Actions (login required)

View Item
View Item