Penerapan Metode Fonetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 27 Aceh Besar

Siti Afratul Fayza, 190202140 (2024) Penerapan Metode Fonetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 27 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Fonetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 27 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Fonetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 27 Aceh Besar)
Siti Afratul Fayza, 190202140, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Murid di MIN 27 Aceh Besar mempelajari beragam mata pelajaran, diantaranya pelajaran bahasa Arab. Mata Pelajaran ini bertujuan agar murid mampu berbicara atau mampu melafadzkan kata dalam bahasa Arab dengan benar dan fasih. Namun, kenyataannya adalah murid menghadapi beberapa masalah dalam belajar berbicara. Salah satu problem kurangnya kemampuan kalam adalah tidak singkronnya metode pengajaran yang digunakan oleh pengajar. Misal banyaknya pengajar yang masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran maharah kalam. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode fonetik dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam bagi tingkat pemula. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen. Peneliti memilih pendekatan desain eksperimen (one group pre-test post-test design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid MIN 27 Aceh Besar Jumlahnya 761 murid, dan sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas 5 (A) yang berjumlah 37 murid. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pre-test post-test dan angket. Dan Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon menggunakan statistic 23. Adapun hasil dari uji Wilcoxon yaitu 0,000 < 0,05 ini menunjukkan bahwa penerapan metode fonetik efektif untuk meningkatkan kemampuan dalam berbicara. Adapun respon murid terhadap pembelajaran ini adalah positif dengan nilai rata-rata 98,00 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Afratul Fayza
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:28
Last Modified: 24 Jan 2024 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35028

Actions (login required)

View Item
View Item