Pelaksanaan Pelayanan Sirkulasi dalam Peningkatan Literasi Mahasiswa Perpustakaan Induk UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Riska Oktafiani, 180206048 (2024) Pelaksanaan Pelayanan Sirkulasi dalam Peningkatan Literasi Mahasiswa Perpustakaan Induk UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelaksanaan Pelayanan Sirkulasi dalam Peningkatan  Literasi Mahasiswa Perpustakaan Induk UIN Ar- Raniry Banda Aceh] Text (Pelaksanaan Pelayanan Sirkulasi dalam Peningkatan Literasi Mahasiswa Perpustakaan Induk UIN Ar- Raniry Banda Aceh)
SKRIPSI HERIZA RISKA REVISI 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pelayanan sirkulasi perpustakaan merupakan proses penerapan dalam memberi atau menyediakan kebutuhan informasi langsung kepada pemustaka yang harus dijalankan dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan literasi mahasiswa di perpustakaan induk UIN Ar-raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah Kepala perpustakaan, pustakawan di bagian pelayanan sirkulasi, pustakawan di bagian pengolahan, dan pustakawan di bagian pendanaan serta 3 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian di perpustakaan induk UIN Ar-raniry Banda Aceh diperoleh bahwa: 1) Semua tahapan pelaksanaan pelayanan sirkulasi sangat berpengaruh terhadap peningkatan literasi pada mahasiswa. Jika tahapan pelayanan berjalan lancar maka dapat dipastikan minat literasi mahasiswa juga meningkat. Perpustakaan UIN Ar-Raniry sudah menyediakan platform berupa aplikasi Pustaka yang memuat semua koleksinya dalam bentuk e-book. Aplikasi ini dapat mengakses, melakukan peminjaman dan membaca buku tanpa harus datang langsung ke perpustakaan, hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan literasi mahasiswa pada masa sekarang. 2) Hambatan pelayanan sirkulasi di perpustakaan induk UIN Ar-Raniry yaitu, kurangnya jumlah koleksi dan kurangnya sumber daya manusia/pustakawan. Namun hal tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap peningkatan literasi mahasiswa, karena koleksi yang kurang pihak perpustakaan sudah menyediakan alternatif lain seperti e-book, artikel-artikel jurnal atau lain sebagainya. Dan untuk kurangnya pengelola perpustakaan tersebut sedang dioptimalkan dengan penggunaan sistem secara mandiri sehingga tidak begitu banyak memerlukan tenaga pengelola atau pustakawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.6 Jasa Sirkulasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riska Oktafiani Riska
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:43
Last Modified: 24 Jan 2024 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35031

Actions (login required)

View Item
View Item