Radhiah Aflah, 190204086 (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL)Pada Materi Gelombang Bunyi Di SMA / MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL)Pada Materi Gelombang Bunyi Di SMA / MA]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Radhiah Aflah, 190204086, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
Abstract
Bahan ajar berperan sebagai alat untuk memperjelas materi pelajaran yang abstrak yang dipelajari oleh peserta didik, sehingga kualitas bahan ajar sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang di temukan di lapangan, bahwa guru hanya menggunakan buku paket yang disediakan oleh pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendesain modul pembelajaran fisika yang berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Gelombang Bunyi dan (2) Menilai kelayakan modul pembelajaran fisika yang berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Gelombang Bunyi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation dan (E)valuation. Akan tetapi, pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan penelitian sampai ke pada tahap Development (pengembangan). Berdasarkan penilaian desain media, modul pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan nilai 3,8 dengan presentase 95% dan termasuk ke dalam kategori sangat layak, sedangkan penilaian para ahli substansi materi mendapatkan nilai 3,42 dengan presentase 85,5% dan termasuk ke dalam kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Modul pembelajaran berbasi PBL Materi Gelombang Bunyi sangat layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran, Problem Based Learning, Gelombang Bunyi |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Radhiah Aflah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 03:10 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 03:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35051 |