Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Dengan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen Di MTsN 9 Aceh Utara)

Khainur Utami, 190202009 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Dengan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen Di MTsN 9 Aceh Utara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Dengan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen Di MTsN 9 Aceh Utara)] Text (Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Dengan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen Di MTsN 9 Aceh Utara))
Khainur Utami, 190202009, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, bahwa siswa di MTsN 9 Aceh Utara belum bisa berbahasa Arab dengan baik, lebih dari itu siswa merasa kesulitan dalam mengungkapkan pemikirannya dengan menggunakan bahasa Arab. Guru hanya menggunakan satu metode dan tidak menggunakan metode yang tepat dalam mengajarkan keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Window Shopping dengan menggunakan media Scrapbook dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Window Shopping dengan menggunakan media Scrapbook dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-eksperimen (One Group Pre-Test Post-Test Design). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-test, post-test, dan angket. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Window Shopping dengan menggunakan media Scrapbook dalam pembelajaran keterampilan berbicara itu efektif, dengan hasil uji T-Test diperoleh tingkat signifikansi (Sig-2 tailed) <0,001 lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05. Hasil respon siswa dalam penerapan model pembelajaran Window Shopping dengan media Scrapbook adalah positif dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dengan hasil yang diperoleh untuk pertanyaan positif adalah jawaban positif (sangat setuju dan setuju) lebih banyak dibandingkan dengan jawaban negatif (tidak setuju dan sangat tidak setuju) dengan perbandingan 92% > 8%. Adapun hasil jawaban siswa terhadap pertanyaan negatif, jawaban positif (sangat setuju dan setuju) lebih sedikit dibandingkan jawaban negatif (tidak setuju dan sangat tidak setuju) dengan persentase: 12% < 88%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Window Shopping menggunakan media Scrapbook efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MTsN 9 Aceh Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khainur Utami
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:19
Last Modified: 25 Jan 2024 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35061

Actions (login required)

View Item
View Item