Penggunaan Permainan Fun Easy Learn Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Kosa Kata (Studi Eksperimen di MIN 10 Banda Aceh

Asri Nazar Siregar, 200202033 (2023) Penggunaan Permainan Fun Easy Learn Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Kosa Kata (Studi Eksperimen di MIN 10 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Permainan Fun Easy Learn Untuk Meningkatkan  Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Kosa Kata (Studi Eksperimen  di MIN 10 Banda Aceh] Text (Penggunaan Permainan Fun Easy Learn Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Kosa Kata (Studi Eksperimen di MIN 10 Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa siswa MIN 10 Banda Aceh merasa bahwa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit. Hal ini disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang kurang beragam serta hanya fokus pada menghafal dan mencatat kosa kata, sehingga membuat siswa bosan dan akhirnya kesulitan mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan permainan Fun Easy Learn. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan permainan Fun Easy Learn dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa di MIN 10 Banda Aceh dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan permainan Fun Easy Learn dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa di MIN 10 Banda Aceh. Adapun metode penelitiannya yaitu metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen dengan jenis Non Equivalent Control Group Design. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan kuesioner (angket). Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa MIN 10 Banda Aceh, dan peneliti mengambil sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 (A) sebagai kelompok kontrol dan seluruh siswa kelas 5 (B) sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 44 siswa. Adapun hasilnya peneliti menemukan bahwa penggunaan permainan Fun Easy Learn sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji T-test sistem yang dihitung dari hasil tingkat signifikansi (sig) (0,000<0,05). Adapun hasil penelitian respon siswa dalam melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan permainan Fun Easy Learn untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa baik dan hal ini dibuktikan dengan hasil siswa (p=79,99%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Asri Nazar Siregar Asri
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:32
Last Modified: 26 Jan 2024 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35066

Actions (login required)

View Item
View Item