Penerapan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di SDIT Hafizul Ilmi, Blangkrueng, Aceh Besar

Nur Jannah, 180202191 (2024) Penerapan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di SDIT Hafizul Ilmi, Blangkrueng, Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di SDIT Hafizul Ilmi, Blangkrueng, Aceh Besar] Text (Penerapan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di SDIT Hafizul Ilmi, Blangkrueng, Aceh Besar)
Nur Jannah, 180202191, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, pembelajaran bahasa Arab yang berada di sekolah SDIT Hafizul Ilmi masih tidak dapat dikatakan bagus (baik). Sebagian besar siswa belum dapat berbicara menggunakan bahasa Arab sehingga dapat mempengaruhi kemampuan berbicara siswa. Masalah ini disebabkan ketika proses belajar mengajar guru menggunakan setrategi pembelajaran yang tradisional dan tidak sesuai dengan materi kalam yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa. Dalam masalah ini peneliti mencari solusi dengan cara menerapkan media wayang kertas untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru dan murid dalam penerapan media wayang kertas untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah menerapkan media wayang kertas. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode eksperimen dengan jenis One Grup Pre-Test Post-Test Design. Adapun pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu lembar observasi dan tes. Dan populasi dari penelitian adalah seluruh kelas VI SDIT Hafizul Ilmi yang berjumlah 47 siswa dan kelas VI 2 yang terpilih menjadi sampel penelitian yang berjumlah 25 siswa. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya penerapan media mayang kertas untuk meningkatkan keterampilan berbicara sangat baik. Pada aktivitas guru memperoleh nilai 95 % dan pada aktivitas siswa dengan nilai 95 % saat menganalisis observasi langsung. Efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara. Hasil tersebut terbukti dari uji T yaitu Sig (0,000<0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Jannah
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:17
Last Modified: 26 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35100

Actions (login required)

View Item
View Item