Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA

Ulfa Ladayya, 190205054 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA] Text (Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA)
Ulfa Ladayya, 190205054, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah aspek dasar yang sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Meskipun peran kemampuan pemahaman konsep matematis sangat penting dalam memahami materi matematika, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu solusi yang diusulkan adalah penerapan model pembelajaran yang tepat, seperti model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model pembelajaran TPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desaign one-group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Aceh Besar, dan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dari 3 kelas terpilih satu kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA-3. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari soal tes sebagai instrumen utama, dan RPP dan LKPD sebagai instrumen pendukung. Dengan menggunakan uji-t berpasangan diperoleh t_hitung ( 7,56)>t_tabel (1,71), sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hasil pengolahan data menunjukkan perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis sebelum dan setelah penerapan model TPS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah penerapan model Think Pair Share (TPS). Rata-rata peningkatan yang terjadi sebesar 0,522 dengan kategori sedang. Peningkatan tersebut terjadi karena keaktifan siswa dalam mencari informasi, kolaborasi dengan pasangannya untuk mengoreksi pemahaman dan berbagi ide, serta memverifikasi informasi dengan bertanya jika terdapat perbedaan hasil pemahaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulfa Ladayya
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:41
Last Modified: 26 Jan 2024 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35119

Actions (login required)

View Item
View Item