Penerapan Metode Manhaj Hamidi Dalam Pembelajaran Kaligrafi Arab Di Dayah Modern Darul

Nurul Azmi, 150202081 (2024) Penerapan Metode Manhaj Hamidi Dalam Pembelajaran Kaligrafi Arab Di Dayah Modern Darul. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Manhaj Hamidi Dalam Pembelajaran Kaligrafi Arab Di Dayah Modern Darul] Text (Penerapan Metode Manhaj Hamidi Dalam Pembelajaran Kaligrafi Arab Di Dayah Modern Darul)
Nurul Azmi, 150202081, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Salah satu alasan peneliti menulis penelitian ini adalah karena ia melihat kebanyakan siswa di sekolah ini masih kurang dalam memahami kaligrafi, padahal mereka telah mempelajari hal tersebut sebelumnya, mereka juga tidak fokus dalam belajar melainkan bosan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran manhaj hamidi dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran kaligrafi, selain itu juga untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran manhaj hamidi dalam pembelajaran kaligrafi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian Eksperimen. Sedangkan ntuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrument berupa pre-test, post-test dan angket. Adapun sampel untuk penelitian ini, peneliti memilih kelas 3-B yang berjumlah 20 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode manhaj hamidi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kaligrafi. Selain itu, penerapan metode manhaj hamidi dalam pembelajaran kaligarfis mendapat respon yang tinggi dari siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Azmi Nyanyak
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:47
Last Modified: 26 Jan 2024 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35125

Actions (login required)

View Item
View Item