Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue

Fitrika Muliani, 170201156 (2023) Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue] Text (Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue)
SKRIPSI FITRIKA MULIANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Peran guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa agar terhindari dari beberapa masalah yang terjadi, masalah tersebut yaitu terdapat siswa yang melanggar peraturan sekolah, berkata kurang sopan, berpakaian tidak rapi, keluar masuk kelas tanpa izin dan terlambat dating. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, yang menjadi rumusan masalah adalah apa saja kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Negeri 7 Teupah Selatan? dan bagaimana strategis guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Negeri 7 Teupah Selatan?. Dalam penulisan skripsi ini penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket dan dokumentasi, sampel yang diambil dalam penelitian berjumlah 27 orang siswa. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan adalah strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu dengan melakukan keteladanan, pembiasaan, nasihat, hadia agar tercapainya peningkatan akhlak, bertujuan untuk menjadikan siswa-siswi yang berakhlakul karimah, manusia yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Sedangkan kendala guru dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu siswa kurangnya disiplin waktu akibat perpengaruh media sosial, keluarga, pergaulan dan kurangnya kesadaran diri siswa, sehingga terlambat bangun, terlambat datang kesekolah, berkelahi dengan teman, kejadian ini guru berusaha memberikan bimbingan dan nasehat kepada siswa yang tidak mengikuti aturan, guru membina akhlak siswa dengan memberikan surat pringatan kepada siswa yang bersangkutan. Dari berbagai cara yang dilakukan oleh guru, dapat kita lihat hasil angket menunjukkan bahwa 74%% memiliki akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitrika Muliani Fitrika
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:17
Last Modified: 29 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35152

Actions (login required)

View Item
View Item