Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas XII SMA/MA

Azriyatun Rizqa, 190205002 (2024) Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas XII SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas XII SMA/MA] Text (Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas XII SMA/MA)
Azriyatun Rizqa, 190205002, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan spasial matematis merupakan salah satu hal penting dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan ini akan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran Geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial matematis siswa MAN 4 Aceh Besar ditinjau dari perbedaan gender dalam menyelesaikan masalah jarak antar unsur kubus pada dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan berdasarkan kemampuan spasial matematis ditinjau dari perbedaan gender. Instrumen dalam penelitian terdiri dari peneliti sendiri dan soal tes sebagai instrumen utama yang diikuti oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan, keduanya dapat melalui tahapan-tahapan indikator spasial matematis dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan spasial matematis siswa laki-laki lebih baik dibandingkan ssiswa perempuan, siswa laki-laki lebih cepat dan tepat ketika berpikir spasial sedangkan perempuan penuh dengan kehati-hatian dan lebih teliti dari siswa laki- laki yang akan membutuhkan waktu lebih lama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Azriyatun Rizqa Azri
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:36
Last Modified: 31 Jan 2024 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35182

Actions (login required)

View Item
View Item