Penerapan Pembelajaran Keterambilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Youtube Terhadap Siswa MTsS Lam Ujong Ulee Kareng Aceh Besar

Raihanul Zannah, 190202133 (2024) Penerapan Pembelajaran Keterambilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Youtube Terhadap Siswa MTsS Lam Ujong Ulee Kareng Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Keterambilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Youtube Terhadap Siswa MTsS Lam Ujong Ulee Kareng Aceh Besar] Text (Penerapan Pembelajaran Keterambilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Youtube Terhadap Siswa MTsS Lam Ujong Ulee Kareng Aceh Besar)
Raihanul Zannah, 190202133, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di MTsS Sekolah Menengah Nasional Islam Lam Ujong Ulee Kareng, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tidak dapat membedakan antara mengajarkan keterampilan membaca dengan media lain masih bingung dalam menjelaskannya karena proses pengajaran dalam pengajaran bahasa Arab disiapkan oleh guru di MTsS Lam Ujong di Ulee Kareng, kurang menarik dan efektif tanpa menggunakan media YouTube dalam penerapan keterampilan membaca yang baik hingga siswa bosan dan kehilangan semangat untuk menempuh pendidikan serta tidak memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode YouTube dalam penerapan pengajaran keterampilan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan media youtube untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang penerapan pembelajaran keterampilan membaca, dan untuk mengetahui respon siswa dalam mempelajari pembelajaran keterampilan membaca menggunakan media YouTube. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain awal berupa desain (One Group Pre Test-Post Test) dan untuk pengumpulan data Peneliti menggunakan angket dan tes. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah Kuantitatif . Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII/4 Yang berjumlah 20 siswa. Peneliti menggunakan persentase dan nilai rata-rata untuk menganalisa daftar respon siswa dan menganalisa uji-T demi memperoleh nilai efektifitas. Hasil Uji-T menunjukkan bahwa pengguna media youtube memperoleh hasil efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tentang penerapan pembelajaran keterampilam membaca. Sedangkan hasil angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran keterampilam membaca dengan menggunakan media youtube memperoleh tingkat atas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Raihanul Zannah
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:37
Last Modified: 02 Feb 2024 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35203

Actions (login required)

View Item
View Item