Penerapan Media Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Tsulatsi Mujarrad Dan Mazid Di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar

Ulpa Rasida, 180202184 (2024) Penerapan Media Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Tsulatsi Mujarrad Dan Mazid Di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Tsulatsi Mujarrad Dan Mazid Di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar] Text (Penerapan Media Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Tsulatsi Mujarrad Dan Mazid Di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar)
Ulpa Rasida, 180202184, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada kaidah sharaf khususnya pada tsulatsi mujarrad dan mazid, karena siswa di pesantren modern Al-Manar lemah pada pembelajaran tersebut. Mereka tidak memahaminya dengan baik, mereka tidak dapat menerapkannya dalam teks Arab, dan mereka tidak mengetahui arti sebenarnya berdasarkan kaidah sharaf, karena mereka hanya bergantung pada buku saja. Penulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan media worksheet dan efektifitas penggunaan media tersebut untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai tsulatsi mujarrad dan mazid. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen dengan pendekatan preeksperimental. Peneliti menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 35 siswa. Adapun dari hasil penelitian yang diperoleh, aktivitas guru dan siswa saat menerapkan media worksheet baik dan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa menguasai tsulatsi mujarrad dan mazid, sehingga mendapat hasil yang sangat baik, yakni hasil yang diperoleh dari observasi guru adalah 92,5%, dan hasil yang diperoleh dari observasi siswa adalah 90%. Hasil selanjutnya bahwa media worksheet efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai tsulatsi mujarrad dan mazid, terbukti dengan hasil Wilcoxon Sing Rank Test yang diperoleh tingkat Asymp.Sig.2-tailed sebesar 0,000 yang lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulpa Rasida
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:17
Last Modified: 02 Feb 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35222

Actions (login required)

View Item
View Item