Thathwiru Maddatu al-Nahwi Wa al-Sharfi Ala Asasi al-Madkhal al-Shiyaqy Bi Dayah Jeumala Amal, Pidie Jaya

Mishbahul Munir, 211004025 (2023) Thathwiru Maddatu al-Nahwi Wa al-Sharfi Ala Asasi al-Madkhal al-Shiyaqy Bi Dayah Jeumala Amal, Pidie Jaya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Buku Ajar] Text (Pengembangan Buku Ajar)
Thesis_S2 UINAR - B5 - MISHBAHUL MUNIR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Materi Pelajaran Nahwu Sharaf dalam Kurikulum Dayah Jeumala Amal menggunakan pendekatan kontekstual. Terdapat dua permasalahan yang kemudian dirumuskan dalam bentuk pertanyaan, yaitu; pertama, Bagaimana proses pengembangan buku pelajaran pada materi pelajaran Nahwu dan Sharaf berdasarkan pendekatan kontekstual di Dayah Jeumala Amal? kedua, Apakah pengembangan berdasarkan pendekatan kontekstual ini akan direspon baik oleh murid dalam pembelajaran? Adapun metode yang digunakan adalah Metode Research and Development (R&D) menggunakan konsep Four-D yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, dkk. Dari penelitian ini menghasilkan sebuah kitab yang diberi nama “Qawa’id al-Nahwi Wa al-Sharfi Li al-Mustawa al-Rabi’ah”, berisikan materi sebanyak 11 Bab. Pengembangan materi ini telah memenuhi kriteria buku yang baik dan telah diverifikasi oleh Ahli dengan capaian nilai 84% dengan kriteria Baik Sekali. Adapun terkait dengan respon murid saat menggunakan buku ini mendapat nilai 85% dengan kriteria baik sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mishbahul Munir Munir
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:13
Last Modified: 06 Feb 2024 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35288

Actions (login required)

View Item
View Item