Penerapan Metode Membaca Cepat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Pesantren Al-Manar Aceh Besar.

Satria Aini Alga, 190202007 (2024) Penerapan Metode Membaca Cepat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Pesantren Al-Manar Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Membaca Cepat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Pesantren Al-Manar Aceh Besar.] Text (Penerapan Metode Membaca Cepat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Pesantren Al-Manar Aceh Besar.)
Satria Aini Alga, 190202007, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan, peneliti menemukan penguasaan membaca siswa kelas dua aliyah yang masih rendah. Mereka merasa susah dalam membaca, hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam belajar membaca Bahasa Arab serta siswa merasa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, karena gurunya mengajar pembelajaran menggunakan metode ceramah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode membaca cepat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dan untuk mengetahui aktivitas guru dan santriwan saat proses pembelajaran di pesantren Al-Manar Aceh Besar. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttets. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri kelas dua (putra) Aliyah yang berjumlah 75 santri. Dan adapun sampelnya berjumlah 20 santriwan kelas dua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest adalah dengan tingkat signifikasi (sig 2-tailed) 0,000< 0,05 hal ini membuktikan bahwa penerapan metode membaca cepat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa itu efektif. Dan adapun hasil penelitian kegiatan guru dan santriwan pada saat proses pembelajaran melalui penerapan metode membaca cepat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa itu memperoleh nilai yang hasilnya mencapai 96% untuk lembar observasi guru 93% untuk lembar observasi santriwan. Ini membuktikan bahwa penggunaan metode membaca cepat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Satria Aini Alga
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:04
Last Modified: 07 Feb 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35375

Actions (login required)

View Item
View Item