Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 2 Kuta Baro

Rahmadani, 170205012 (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 2 Kuta Baro. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 2 Kuta Baro] Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 2 Kuta Baro)
Rahmadani, 170205012, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah suatu aktivitas kognitif yang kompleks, sebagai proses mengatasi suatu masalah yang diteliti dan untuk menyelesaikannya diperlukan sejumlah strategi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 2 Kuta Baro pada materi belah ketupat dan layang-layang. Hasil temuan dari penelitian ini adalah: (1) Subjek kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kategori sangat baik, karena subjek mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Subjek kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kategori baik, karena subjek sudah mampu memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis namun tidak lengkap dalam merencanakan dan menyelesaikan penyelesaian masalah serta tidak melakukan pemeriksaan kembali. (3) Subjek kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kategori cukup dan kurang. Subjek hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu indikator memahami masalah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bagi siswa berkemampuan matematika tinggi dengan benar dan tepat, tetapi bagi siswa berkemampuan matematika sedang dengan benar namun tidak lengkap. Berbeda dengan siswa berkemampuan matematika rendah hanya menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan saja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Belah Ketupat dan Layang-Layang
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahmadani Rahma
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:20
Last Modified: 07 Feb 2024 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35396

Actions (login required)

View Item
View Item