Eksistensi Debus Di Desa Alus-Alus Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue

Riza Monika, 180501119 (2024) Eksistensi Debus Di Desa Alus-Alus Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Eksistensi Debus Di Desa Alus-Alus Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue] Text (Eksistensi Debus Di Desa Alus-Alus Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue)
Riza Monika, 180501119, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul, Eksistensi Debus di Desa Alus-alus Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi masyarakat dalam melestarikan budaya seni debus. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Kualitatif bersifat deskriptif dengan cara menganalisa data-data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil data yang didapat dari lapangan, menjelaskan bahwa seni debus sangat berperan dan melekat erat di dalam kehidupan masyarakat, salah satunya peran yang paling penting adalah syair-syair dan doa yang mengandung makna. Dapat dilihat dari kegiatan pelatihan seni debus yang diadakan masyarakat setiap minggunya, kemudian mengajarkan kepada kaum muda. Sikap tersebut adalah salah satu bentuk dari kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan budaya. Biasanya sebelum memulai atraksi seni debus akan dibacakan sholawat atau lantunan puji-pujian kepada Nabi Muhammad, zikir kepada Allah dan diiringi instrumen tabuh selama tiga puluh menit. Tujuannya adalah agar mendapatkan keselamatan selama pertunjukkan. Dampak positifnya seni debus sangat diminati dan digemari oleh kalangan masyarakat terutama orang tua dan anak muda karena atraksinya yang membuat mereka tertarik untuk ikut serta dalam memainkan dan melakukan atraksi seni debus. Dampak negatif dari seni debus, yaitu disaat peneliti melakukan wawancara dengan beberapa informan ada yang menentang bacaan doa dan atraksi dalam seni debus. Menurut sebagian informan atraksi yang dilakukan tergolong memiliki nilai musryik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
900 Geography and History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Riza Monika
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:34
Last Modified: 07 Feb 2024 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35404

Actions (login required)

View Item
View Item