Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs

Murzatillah, 190205090 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs)
Murzatillah, 190205090, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan memunculkan ide-ide baru untuk memecahkan suatu masalah. Kenyataannya, kemampuan berpikir kreatif siswa di MTsN 2 Banda Aceh masih tergolong rendah. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Banda Aceh sedangkan untuk sampel yaitu siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung=2,44 dan t_tabel=1,68. Jadi, karena t_hitung≥t_tabel atau 2,44≥1,68, maka terima H_1 dan tolak H_0. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Murzatillah Murzatillah
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:47
Last Modified: 12 Feb 2024 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35432

Actions (login required)

View Item
View Item