Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kelemahan Siswa Dalam Keterampilan Membaca Bahasa Arab Di MTs Darussyari’ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Irwansyah, 190202055 (2024) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kelemahan Siswa Dalam Keterampilan Membaca Bahasa Arab Di MTs Darussyari’ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kelemahan Siswa Dalam Keterampilan Membaca Bahasa Arab] Text (Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kelemahan Siswa Dalam Keterampilan Membaca Bahasa Arab)
Irwansyah, 190202055, FTK, PBA, 085261529047.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Topik dari penelitian skripsi ini adalah "Faktor-faktor yang mempengaruhi kelemahan siswa dalam keterampilan membaca di MTs Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh" peneliti memilih topik ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kelemahan siswa dalam keterampilan membaca dan mengetahui upaya dalam mencegah masalah kelemahan siswa dalam keterampilan membaca di MTs Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kelemahan siswa dalam keterampilan membaca dan untuk mengetahui upaya dalam mencegah masalah kelemahan siswa dalam keterampilan membaca di MTs Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam menyusun penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang merupakan suatu metode penelitian yang mempelajari fenomena alam, sosial, ekonomi dan politik saat ini. Belajar tentang bagaimana menjelaskan karakteristik fenomena dan kuantitas yang menjelaskan ukuran, perubahan, dan derajat hubungannya dengan fenomena lain. Adapun hasil dari penelitian skripsi ini adalah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelemahan siswa dalam keterampilan membaca adalah: 1. faktor dari dalam diri siswa seperti kemampuan dan mental: mereka tidak suka pelajaran bahasa arab, tidak mau mengulang kembali pelajaran, dan tidak mau bertanya kepada guru terhadap pembelajaran keterampilan membaca yang mereka tidak pahami, kemudian mereka tidak memiliki keyakinan dalam keterampilan membaca, serta takut untuk mencoba membaca. Kemudian yang ke 2. Faktor dari luar seperti lingkungan pembelajaran yang berisik, metode dan media yang digunakan oleh guru kurang menarik, serta kurangnya dukungan dari guru dan orang tua dalam belajar bahasa arab di luar kelas. Adapun upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memotivasi diri siswa untuk suka dengan bahasa arab, kemudian memperbanyak membaca buku bahasa arab, memperbanyak membaca Alqur'an dan membiasakan siswa untuk menerapkan bahasa arab di kehidupan mereka sehari-hari

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Irwansyah Irwan
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:41
Last Modified: 21 Feb 2024 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35547

Actions (login required)

View Item
View Item