Green-Synthesis Nanopartikel Nikel(Ii) Oksida Dengan Ekstrak Selada (Lactuca Sativa L.) Dan Efektivitasnya Sebagai Adsorben Timbal (Pb2+)

Luthfi, 190702084 (2024) Green-Synthesis Nanopartikel Nikel(Ii) Oksida Dengan Ekstrak Selada (Lactuca Sativa L.) Dan Efektivitasnya Sebagai Adsorben Timbal (Pb2+). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Green-Synthesis Nanopartikel Nikel(Ii) Oksida Dengan Ekstrak Selada (Lactuca Sativa L.) Dan Efektivitasnya Sebagai Adsorben Timbal (Pb2+)] Text (Green-Synthesis Nanopartikel Nikel(Ii) Oksida Dengan Ekstrak Selada (Lactuca Sativa L.) Dan Efektivitasnya Sebagai Adsorben Timbal (Pb2+))
Luthfi, 190702084, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Logam berat memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari dan industri global, namun penggunaannya dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Pencemaran logam berat, terutama timbal (Pb), dapat merugikan kesehatan manusia dan ekosistem perairan. Penanganan limbah cair, khususnya penggunaan metode adsorpsi, menjadi fokus penelitian untuk mengatasi masalah ini. Nanopartikel NiO, disintesis dengan metode hijau menggunakan ekstrak selada, diuji sebagai adsorben efektif untuk menangkap logam berat timbal. Karakterisasi nanopartikel NiO dilakukan dengan FTIR, XRD, dan SEM-EDX. Hasil menunjukkan bahwa nanopartikel NiO memiliki struktur yang sesuai untuk adsorpsi. Pengujian adsorpsi logam timbal menggunakan NiO menunjukkan pH 9, massa optimum 0,55 g, dan konsentrasi 100 mg/L. Pemodelan isoterm adsorpsi menunjukkan bahwa data eksperimental cocok dengan isoterm Langmuir, menunjukkan proses adsorpsi yang bersifat kimia. Penelitian ini mengusulkan NiO sebagai adsorben potensial untuk pengolahan limbah cair dan menggali potensi aplikasi dalam teknologi pemurnian air.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Luthfi Luthfi
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:12
Last Modified: 21 Feb 2024 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35548

Actions (login required)

View Item
View Item