Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Siswi Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di MUQ Langsa

Mir’atil Hayati, 190202076 (2024) Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Siswi Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di MUQ Langsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Siswi Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di MUQ Langsa] Text (Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Siswi Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di MUQ Langsa)
Mir’atil Hayati, 190202076, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan, Peneliti di sekolah ini menemukan bahwa masih banyak siswa yang kurang berminat dalam mempelajari bahasa Arab, tidak memahami materi yang diberikan dan hanya menerima materi dari guru tanpa berdiskusi, sehingga tidak mengulangi pembelajaran dan kurang aktif dalam bertanya pertanyaan. Oleh karena itu peneliti tertarik menggunakan metode Discovery Learning dalam pengajaran Bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode penemuan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa dalam pengajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprerimen (one grup pre-test post-test design). Tehnik pengumpulan data menggunakan soal pretest, posttest dan angket. Peneliti mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan pre-test dan post-test serta angket. Populasi penelitian adalah seluruh siswi Aliyah Madrasah Ulumul Qur’an yang berjumlah 340 orang. Sampel penelitiannya adalah seluruh siswi kelas II (IIK) yang berjumlah 26 orang. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah uji Wilcoxon menggunakan aplikasi SPSS 22. Adapun hasil dari uji Wilcoxon yaitu 0.000 < 0.05 ini menunjukan bahwa (Ho) di tolak da (Ha) diterima atau penerapan metode Discovery Learning efektif dalam pembelajaran Bahasa Arab. Sedangkan hasil questioner menunjukkan bahwa respon siswi terhadap pengajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode Discovery Learning adalah positif dengan hasil presentasi mencapai 98,7%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mir’atil Hayati
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:11
Last Modified: 21 Feb 2024 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35562

Actions (login required)

View Item
View Item