Implementasi Antena Wajan Bolic Dan Perbandingan Quality Of Service Pada Jaringan Seluler Di Sekitar Kampus Uin Ar-Raniry

Nailul Munar, 170212152 (2024) Implementasi Antena Wajan Bolic Dan Perbandingan Quality Of Service Pada Jaringan Seluler Di Sekitar Kampus Uin Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Antena Wajan Bolic Dan Perbandingan Quality Of Service Pada Jaringan Seluler  Di Sekitar Kampus Uin Ar-Raniry] Text (Implementasi Antena Wajan Bolic Dan Perbandingan Quality Of Service Pada Jaringan Seluler Di Sekitar Kampus Uin Ar-Raniry)
Nailul Munar, 170212152, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pengukuran QoS , Troughput, Delay, Jitter, Packetloss Quality Of Service (QOS) merupakan kemampuan jaringan tertentu dalam memberikan pelayanan yang optimal sesuai standar dalam hubungan dengan mengatasi kepasitas jaringan, QoS juga mengacu pada kapabilitas jaringan untuk memberikan layanan yang bermacam-macam. Dalam penelitian ini, peneliti mengimplementasi jaringan antenna wajan bolic dan perbandingan Quality of service (QoS) pada jaringan seluler . Selanjutnya penelitian untuk menguji seberapa baik jaringan yang disediakan dengan memperbandingkan 2 (dua) provider Telkomsel dan XL dengan parameter QoS . Parameter QoS meliputi Troughput, Delay, Jitter, dan Packetloss menurut standar TIPHON yang mengukur seberapa baik kualitas layanan yang telah tersedia melalui akses social media Https.Facebook.com dan Https.Youtobe.com dengan menggunakan antenna wajan bolic pada provider Telkomsel dengan pengujian troughput sebesar dan tanpa menggunakan antenna wajan bolic telah menghasilkan pengujian parameter QoS yang meliputi througput, packetloss, delay dan jitter telah menghasilkan 1). Pada pengujian dengan menggunakan antena wajan Bolic mendapatkan nilai lebih baik dari pada pengujian tanpa antena wajan bolic; dan 2).Pada hasil pengukuran pada analisis RSSI kekuatan daya terima sinyal yang di peroleh mengunakan wajan bolic lebih bagus daripada kualitas sinyal yang diperoleh tanpa menggunakan wajan bolic yang membedakan pada provider Telkomsel dan XL . perbandingan yang dilakukan pada pengujian provider Telkomsel dalam pengukuran keduanya “Baik” atau dengan kata lain “Memuaskan”,sedangkan pada Provider XL adanya perbedaan kualitasnya dengan menggunakan antena wajan bolic terdapat hasil yang “Baik” kemudian dengan tanpa menggunakan antena wajan bolic hasil nya “kurang baik” . pengujian parameter QOS yang meliputi througput, packetloss, delay dan jitter .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: : Pengukuran QoS , Troughput, Delay, Jitter, Packetloss Quality Of Service (QOS)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Nailul Munar Nailul
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:21
Last Modified: 22 Feb 2024 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35590

Actions (login required)

View Item
View Item