Digital Forensic Dan Imaging Pada Media Penyimpanan Eksternal Untuk Menjamin Keaslian File Setelah Recovery Menggunakan Metode Static Forensic

Andrie Fadhlullah Wahby, 170212026 (2024) Digital Forensic Dan Imaging Pada Media Penyimpanan Eksternal Untuk Menjamin Keaslian File Setelah Recovery Menggunakan Metode Static Forensic. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Digital Forensic Dan Imaging Pada Media Penyimpanan Eksternal Untuk Menjamin Keaslian File Setelah Recovery Menggunakan Metode Static Forensic] Text (Digital Forensic Dan Imaging Pada Media Penyimpanan Eksternal Untuk Menjamin Keaslian File Setelah Recovery Menggunakan Metode Static Forensic)
Andrie Fadhlullah Wahby, 170212026, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kehilangan data merupakan kejadian yang sering terjadi baik secara disengaja ataupun tidak disengaja, hilangnya data yang yang penting disaat yang tidak terduga, atau sengaja menghilangkan data untuk menutup-nutupi sesuatu sehingga data tersebut tidak dapat diakses karena terhapus atau dihapus. Umumnya ketika data yang kita miliki tidak sengaja terhapus, biasanya karena perangkat pentimpanannya yang bermasalah dan tindakan yang tidak disengaja untuk menghapus data. Dalam peineilitian ini, peineiliti meilakuikan simuilasi kasuis pada 3 (tiga) jeinis UiSB flash drivei deingan kapasitas yang beirbeida, dan 1 hardisk. Meitodei yang diguinakan adalah meitodei static foreinsic, dan juga dua aplikasi yaitu Autopsy dan juga FTK Imager kareina seisuiai deingan stuidi kasuis yang telah disekenariokan yaitui post incideint casei dimana pengembalian data dilakukan setelah peinghapuisan data teirjadi dengan cara meingeikstrak hasil dari filei-filei yang teilah dihapuis meinjadi meitadata keimuidian meingeikspor metada data tersebut meinjadi filei yang sama seperti file seibeluim dihapuis. Pengembalian data dilaukan dengan men-imaging terlebih dahulu perangkat penyimpanan yang ingin di analisis, untuk menjaga keaslian file, lalu setelahnya barulah hasil dari Imaging tersebut diubah menjadi metadata dengan aplikasi Autopsy kemudian baru bisa diekstrak menjadi file yang disa dibaca. Beirdasarkan dari hasil buikti digital yang teilah dianalisis deingan meingguinakan bantuian FTK Imageir dan aplikasi Auitopsy pada tiga UiSB yang beirbeida dan satu hard disk, di dapatkan hasil yang berupa file-file yang telah terhapus dengan masing-masing waktui untuk imaging dan conversi datanya pada deivicei 1 seibeisar kuirang leibih 49 meinit deingan buikti seibanyak 12 filei. Uintuik deivicei 2 didapatkan hasil waktui imaging kuirang leibih 57 meinit deingan buikti seibanyak 15 filei. Seidangkan pada deivicei 3 di dapatkan hasil waktui imaging 273 meinit deingan buikti seibanyak 35 filei, dan pada device ke-4 didapatkan hasil kurang lebih dalam waktu 840 menit dengan 170 file.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Autopsy, Digital Forensic, FTK Imager, Hardisk, USB Flash Drive
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Andrie Fadhlullah Wahby
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:25
Last Modified: 23 Feb 2024 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35594

Actions (login required)

View Item
View Item