Penggunaan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa MTsS Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Nuril Fahmi, 190202054 (2024) Penggunaan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa MTsS Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa MTsS Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.] Text (Penggunaan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa MTsS Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.)
Nuril Fahmi, 190202054, FTK, PBA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, pembelajaran bahasa arab yang berada di sekolah MtsS Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh masih tidak dapat dikatakan bagus . Sebagian besar siswa belum dapat berbicara menggunakan bahasa arab sehingga dapat mempengaruhi kemampuan berbicara siswa. Masalah ini disebabkan ketika proses belajar mengajar guru menggunakan strategi pembelajaran yang kurang relevan dan tidak sesuai dengan materi kalam yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswa. Dalam masalah ini peneliti mencari solusi dengan cara menerapkan metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan murid terhadap keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan atau memeriksa peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah menerapkan metode diskusi kelompok kecil. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode eksperimen dengan jenis One Grup Pre-Test Post-Test Design. Populasi dalam skripsi ini adalah seluruh siswa MtsS Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh yang berjumlah 127 siswa, dan sampel disini adalah murid kelas VIII-1 yang berjumlah 17 pelajar. Peneliti menyediakan pre test dan post test dan lembar kuesioner/angket sebagai alat penelitian. Adapun hasil analisisnya adalah dari hasil (Paired Sample Test) Sig.(2-tailed) 0,00 yang lebih kecil dari hasil signifikansi
0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Small Group Discussion efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Respon siswa juga positif dengan persentase skor 86,82% pada keterampilan berbicara menggunakan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa MtsS Darussyari'ah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nuril Fahmi Fahmi
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:30
Last Modified: 23 Feb 2024 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35596

Actions (login required)

View Item
View Item