Penggunaan Kitab Irsyadul Mubtadi Untuk Meningkatkan Kemampuan Nahwu Santri (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Assulaimaniyah)

Teuku Ryan Caesar, 190202080 (2024) Penggunaan Kitab Irsyadul Mubtadi Untuk Meningkatkan Kemampuan Nahwu Santri (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Assulaimaniyah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Kitab Irsyadul Mubtadi Untuk Meningkatkan Kemampuan Nahwu Santri (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Assulaimaniyah)] Text (Penggunaan Kitab Irsyadul Mubtadi Untuk Meningkatkan Kemampuan Nahwu Santri (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Assulaimaniyah))
Teuku Ryan Caesar, 190202080, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Setelah observasi pertama, peneliti menemukan bahwa sebagian besar siswa di pesantren Assulaimaniyah mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab, karena hasil belajar mereka, khususnya pada mata pelajaran tata bahasa, berada pada tingkat yang rendah, mereka kesulitan menghafal kaidah tata bahasa dan tidak mengetahui posisi penguraian kata dalam kalimat ketika membaca teks arab, sehingga membuat mereka tidak dapat memahami apa yang dibaca dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin menggunakan kitab “Irsyadul Mubtadi” untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap penggunaan kitab Irsyadul Mubtadi dan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan kitab Irsyadul Mubtadi dalam meningkatkan kemampuan nahwu siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk one-group design dengan desain pretest dan posttest. Peneliti melakukan pre-test dan post-test terhadap seluruh siswa yang menjadi sampel dalam penelitian. Peneliti juga membagikan angket untuk mengetahui pendapat siswa tentang kitab yang digunakan. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri pesantren Assulaimaniyah. Sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas Hazırlık A yang berjumlah 15 orang. Peneliti menyediakan soal pre-test dan post-test serta angket sebagai instrument penelitian. Hasil dari uji Paired Sample Test mendapatkan nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan kitab Irsyadul Mubtadi efektif dalam meningkatkan kemampuan nahwu siswa. Sedangkan untuk hasil data dari angket menunujukkan respon yang positif dari santri terhadap penggunaan kitab Irsyadul Mubtasi dengan persentase jawaban positif sebesar 96% dan jawaban negative sebesar 4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Teuku Ryan Caesar
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:48
Last Modified: 23 Feb 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35611

Actions (login required)

View Item
View Item