Nilai Filosofi Tradisi Nengon Lo Jeroh Dalam Penentuan Hari Baik (Studi Kearifan Lokal Masyarakat Desa Cinta Damai Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara)

Jurwah Yumi, 190301007 (2023) Nilai Filosofi Tradisi Nengon Lo Jeroh Dalam Penentuan Hari Baik (Studi Kearifan Lokal Masyarakat Desa Cinta Damai Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nilai Filosofi] Text (Nilai Filosofi)
Jurwah Yumi, 190301007, FUF, AFI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Menurut masyarakat Desa Cinta Damai tradisi nengon lo jeroh adalah tradisi yang dilakukan sebelum melaksanakan suatu kegiatan. Selain itu terdapat satu hal yang harus dilakukan sebelum dilaksanakannya acara yaitu menemui tokoh adat atau sesepuh untuk dipilihkannya hari yang dianggap paling baik. Nengon lo jeroh sudah membudaya di dalam kehidupan masyarakat dan dilakukan secara turun temurun sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tradisi nengon lo jeroh dalam pandangan masyarakat Desa Cinta Damai, mengetahui bagaimana cara perhitungan nengon lo jeroh dan pengaruhnya terhadap masyarakat, serta nilai filosofi yang terkandung dalam tradisi nengon lo jeroh.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam bentuk penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung, serta dokumentasi dan observasi. Data yang telah dianalisa melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pandangan masyarakat Desa Cinta Damai tradisi nengon lo jeroh adalah tradisi yang sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu dari para leluhur dan diyakini oleh masyarakat Desa Cinta Damai hingga saat ini dan masih digunakan. Tradisi nengon lo jeroh dalam perhitungannya menggunakan kalender hijriyah dan setiap hitungannya memiliki arti tersendiri, serta sangat berpengaruh terhadap masyarakat Desa Cinta Damai. Adapun nilai yang terkandung dalam tradisi nengon lo jeroh antara lain nilai pendidikan, nilai sosial budaya, dan nilai religi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Jurwah Yumi Yumi
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:09
Last Modified: 27 Feb 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35718

Actions (login required)

View Item
View Item