Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca

Ratna Dewi, 180202180 (2024) Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca] Text (Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca)
Ratna Dewi, 180202180, FTK, PBA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama yang dilakukan peneliti di MIS Lamgugob Banda Aceh, beberapa dari siswa kelas lima (A) sudah mampu membaca teks bahasa Arab, akan tetapi belum mampu untuk memahami isi teks bacaan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode pengajaran dan mencoba menggunakan media Flash card untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan guru dan siswa dalam menggunakan media Flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, dan untuk menggetahui keefektifan penggunaan media Flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis One Group Pre-test – Pos-test Design. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lima MIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 62 siswa. Peneliti mengambil sampel penelitian pada kelas lima (A) yang berjumlah 33 siswa. Peneliti menyajikan lembar observasi, test pre-test dan post-test sebagai alat penelitian, dan analisis data menggunakan test uji normalitas, uji homogenitas, dan paired sample t-test dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian observasi kegiatan guru adalah 82,5% dan observasi kegiatan siswa adalah 77%, berada pada kisaran 81-100% yang mana artinta sangat baik. Adapun hasil pengujiannya diperoleh pada tingkat signifikansi Sig (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi tersebut 0,05. Oleh karena itu penggunaan media Flash card efektif untuk meninggkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ratna Dewi
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:29
Last Modified: 27 Feb 2024 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35728

Actions (login required)

View Item
View Item