Pengembangan Buku Nahwu Wadhih Dengan Handout Di Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan

Lia Zulfiani, 211004026 (2023) Pengembangan Buku Nahwu Wadhih Dengan Handout Di Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Buku Nahwu Wadhih] Text (Pengembangan Buku Nahwu Wadhih)
Semhas Lia Zulfiani (211004026) 3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada peneliti ini, peneliti mengamati bahwa guru di Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan mengajarkan Bahasa Arab hanya dengan menggunakan buku pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sehingga menyebabkan turunnya kualitas pembelajaran dan berujung pada menurunnya kualitas pendidikan. Oleh karena itu, santri merasakan kesulitan dalam mempelajari kaidah nahwu terutama pada bab Mabni dan mugrab . Adapun upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan media handout untuk memudahkan santri dalam memahami pelajaran khususnya materi Mabni dan mugrab.Tujuan peneliti ini untuk mengetahui pengembangan produk kitab An- nahwu Al-Wadhih jilid 2 pada bab Mabni dan Mugrab dengan media peta konsep sesuai validasi ahli. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reserch and Development/ R&D). Adapun populasi 162 santri dan sample peneliti memilih 28 santri putra. Peneliti ini menghasilkan produk baru yaitu kitab yang berjudul At-taaisir Fi Ta’lim Mabni dan mugrab dengan media handout memudahkan siswa dalam memudahkan siswa dalam belajar. Hasilnya didapatkan dari Uji T yaitu sig (50<100). Ini menunjukkan bahwa hipotesa nol (Ho) ditolak dan hipotesa (Ha) diterima, terbukti bahwa pengembangan kitab An-nahwu Al-Wadhih jilid dua pada bab Mabni dan mugrab jilid 2 pada bab Mabni dan mugrab dengan media handout memudahkan mereka dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lia Zulfiani Lia
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:36
Last Modified: 27 Feb 2024 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35736

Actions (login required)

View Item
View Item